SEKILAS INFO MINYAK URUT KARO

Minyak Urut Karo adalah minyak tradisional masyarakat karo Sumatera Utara yang diramu secara tradisional dan sudah sangat dikenal serta digunakan sejak lama dikalangan masyarakat Sumatera Utara. Minyak urut karo berbahan bakukan rempah-rempah khas masyarakat karo yang telah digunakan secara turun-temurun.

Melalui Blog ini saya ingin mencoba untuk mensosialisasikan sekaligus mempromosikan Minyak Urut Karo.

Minyak ini berkhasiat untuk mengobati cedera otot seperti keseleo/terkilir, nyeri persendian, pemulihan pergeseran sendi dan patah tulang, luka bakar, luka sayat, keletihan dan lainnya. Minyak urut ini diolah seara home industri di Tanah Karo Sumatera Utara.

Kemasan yang tersedia :
- 1 liter (botol plastik) : Rp. 95.000 + ongkos kirim
- 5 liter (jerigen plastik) : Rp. 400.000 + ongkos kirim


Ongkos kirim tergantung kepada lokasi alamat penerima

Silahkan anda menghubungi +6281362474122 An. Ian Bangun atau email
: minyak_karo@yahoo.com untuk melakukan pemesanan.



Jumat, 03 April 2009

Tanaman Bakung dan Minyak Urut Karo

Tanaman bakung atau dalam bahasa karo disebut empu-empu sangat mujarab untuk mengobati cedera otot akibat keseleo/terkilir, salah urat dan masuk angin bila dikombinasikan dengan minyak urut karo. Tanaman ini dan minyak urut karo telah sejak lama digunakan oleh para orang tua di kalangan masyarakat karo untuk proses pengobatan cedera otot seperti keseleo dan bakhan pergeseran pada sendi. Tanaman bakung sangat mudah dipeoleh karena tanaman ini merupakan tumbuhan tropis.

Cara Penggunaan Tanaman Bakung:
Untuk pengobatan cedera otot seperti keseleo, bagian tanaman bakung yang digunakan adalah daunnya. Daun yang tidak terlalu tua sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan pengobatan. Daun bakung hendaknya di cuci bersih dahulu lalu diangin-anginkan, setelah itu daun bakung dolesi dengan minyak karo dan dipanggang di atas api yang kecil jaga jangan sampai daun terlalu layu akibat proses pemannggangan. Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu ramuan tambahan untuk bahan kompres yang diletakkan nantinya pada bagian tubuh yang keseleo atau terkilir. Bahan tersebut terdiri dari :
- 2 siung bawang putih,
- 4 siung bawang merah,
- sedikit lada'
- segenggam bahing
bahan-bahan tersebut diulek atau diblender hingga halus. Kemudian olesi bagian tubuh yang terkilir tadi dengan minyak karo secara merata untuk merelaksasikan otot dan saraf yang terkilir. Setelah itu bahan yang telah dipersiapkan tadi diletakkan di atas beberapa helai daun yang telah dipanggang dan diolesi dengan minyak urut karo secara merata, lalu dibalutkan hingga menutupi seluruh bagian tuguh yang keseleo dan terakhir diikt dengan sehelai kain agar balutan daun bakung tersebut tidak mudah lepas. Biarkan balutan tersebut melekat, bila balutan terasa sudah kering teteskan minyak urut karo pada balutan secara perlahan-lahan hingga terasa membasahi bagian kulit. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan reaksi penyembuhan oleh kandungan zat kimia yang terdapat pada balutan. Ganti balutan dengan yang baru setelah 12 jam kemudian.

Begitu juga halnya dengan cedera pergeseran persendian, akan tetapi hendaknya terlebih dahulu persendian yang bergeser dikembalikan ke posisinya yang semula oleh yang benar-benar mengerti. Setelah itu persiapkan bahan dan lakukan perawatan sama seperti pengobatan otot yang terkilir.

Untuk pengobatan salah urat seperti di bagian pinggang, bahu dan lainnya serta masuk angin bagian tanaman bakung yang digunakan adalah umbinya.
Umbi yang telah dibersihkan dari akarnya dicuci dengan bersih. Lukai bagian dasar umbi dengan pisau secara vertikal dan horizontal hingga permukaan dasar umbi tidak rata. Panggang dasar umbi yang telah dilukai hingga hangat, kemudian olesi minyak urut karo secara merata pada bagian tubuh yang ingin diobati untuk merelaksasikan otot dan saraf yang tegang dan lakukan urutan/pijatan dengan menggunakan umbi tadi layaknya seperti melakukan kerokan. Semoga bahan ini bermanfaat, selamat mencoba...


UNTUK MELAKUKAN PEMESANAN MINYAK URUT KARO DAPAT MENGHUBUNGI +628116203206 AN. IAN BANGUNATAU email minyak_karo@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar